Memilih distro Linux sesuai kebutuhan


Sebagai Sistem Operasi yang berbasis Open source , Linux bebas untuk digunakan, dimodifikasi , dan didistribusikan oleh siapa saja. Tidak mengherankan jika setiap harinya distribusinya kian bertambah.
Bila yang sudah familiar dengan Linux tentu tidak menjadi masalah , Namun bagaimana dengan yang Awam di dunia Linux .?? Tentu sangat membingungkan mengingat banyaknya pilihan. Nah di Artikel kali ini kami akan memberikan sedikit Tips bagi anda yang ingin hijrah dari Windows ke Linux atau hanya sekedar ingin tahu perkembangan Sistem Operasi tsb.

Pilihan Untuk Pemula (Newbie) : Ubuntu
Ubuntu merupakan pilihan yang tepat bagi para pemula mengingat konfigurasinya yang mudah dipahami dibandingkan Distro Linux yang lain. Hadirnya paket – paket terkenal seperti GNOME dan KDE membuat tampilan desktop anda menjadi lebih menarik tidak kalah dengan apa yang dihadirkan Oleh Windows. Untuk menjalankan aktifitas perkantoran anda dapat menggunakan aplikasi Openoffice.org, memang secara fisik tampilannya sedikit berbeda dengan MS.Office milik Microsoft tapi dengan sedikit penyesuain tidak lebih dari beberapa hari anda akan dengan mudah menguasainya mengingat saat ini Openoffice.org akan hadir dengan format penyimpanan .ODF, Untuk editing gambar anda dapat menggunakan GIMP. Dengan semua kemudahan dan kelengkapan yang disediakan Ubuntukmenjadi pilihan yang tepat bagi pemula.
Spesifikasi Minimum : 700 MHz processor, 384 Mb RAM, 8Gb harddisk, VGA 1024x768, Sound
Ukuran File : 699 Mb
Nama File : ubuntu-9.04-desktop-i386.iso
Pembuat : Canonical.Ltd
Download : http://www.ubuntu.com/getubuntu/download

Pilahan Untuk Migrasi : Linux Mint
Lain halnya dengan Ubuntu, Linux Mint hadir dengan tampilan sedikit berbeda dimana Linux Mint lebih memfokuskan pada Style yang elegan. Penggunaan GNOME diatur semirip mungkin dengan windows dimana menu berasa dikiri bawah, waktu, dan pengatur suara disebelah kanan. Banyak aplikasi tambahan lain yang tidak kita temukan di Ubuntu seperti mint-install , mintUpdate, mint4win dll
Spesifikasi Minimum : Processor 600 Mhz, RAM 512 Mb, harddisk 10 Gb
Ukuran File : 665 Mb
Nama File : LinuxMint-6.iso
Pembuat : Linux Mint
Download : http://www.linuxmint.com/download.php

Pilihan untuk Keluarga : Qimo
Qimo merupakan Distribusi Linux yang paling banyak digunakan dalam Keluarga mengingat Tampilannya yang sederhana tidak membingungkan dan mudah digunakan untuk tugas – tugas sederhana seperti web browsing, chatting, mendengarkan music, mengetik dll. Yang kedua adalah keamanan dan data terkontrol untuk akses internet, ini untuk mencegah anak – anak mengakses situs- situs yang “terlarang”. Walaupun Qimo didesain untuk anak – anak mulai dari umur 3 tahun bukan berarti kita sebagai orang tua tidak dapat menggunakannya, disediakannya Tools standard Ubuntu untuk membakar CD dan yang lain membuat kita dapat menggunakannya sembari menemani anak browsing internet. Secara keseluruhan pengembang Qimo telah berhasil dalam membuat distribusi untuk sebuah keluarga, menciptakan lingkungan bermain dan belajar yang nyaman untuk ”si kecil”
Spesifikasi Minimum : Processor 400 Mhz, RAM 256 Mb, harddisk 6 Gb
Ukuran File : 699 Mb
Nama File : qimo-1.0-dekstop.iso
Pembuat : QuinnCo Incorporated
Download : http://www.qimo4kids.com/page/Download.aspx

0 comments:

Post a Comment

 
Jepara Goes Open Source © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work